Dynamic Blinkie Text Generator at TextSpace.net

Kamis, 29 November 2012

Topnya NASGOR Jawa

mie goreng jawa
Siapa bilang nasi goreng itu dimana-mana sama?? Bagi pecinta kuliner,nasgor yang satu ini pasti bikin kangen bagi lidah orang jawa.Penjual nasi goreng mudah ditemui di surabaya,dari pedagang keliling,maupun yang menetap.Seperti nasi goreng Jawa Cak Atroep yang berlokasi di Jalan Walikota Mustajab, warung cak Atroep juga menyediakan mi goreng jawa dan mi godog jawa.

Tapi yang paling laris tetap nasi goreng jawa.Pemilik nasi goreng Atroep adalah Pak Masrukin. Usaha ini sejak tahun 1950-an.Nama Atroep diambil dari nama sang ayah,yaitu Makruf dan orang sering menyingkat namanya , dan malah terdengar jadi Atroep. 

nasi goreng jawa
Nasi goreng jawa memang memiliki ciri khas sendiri dalam membuat nasi goreng jawa. Bahan yang digunakan antara lain bawang merah,bawang putih,kemiri dan cabai merah giling.Bumbu ini dihaluskan lalu ditumis bersama bawang prei dan bawang daun dan ditambah udang,telor. Bumbu halus ini lalu ditumis,dan harum aromanya rempah-rempah langsung tercium gurihnya.Bumbu ini lalu ditambahkan sayuran seperti,cambah,kubis,sawi diiris tipis.Tak ketinggalan mie kuning,yang juga menjadi ciri khas.Semuanya diaduk agar bercampur rata dengan bumbu.Lau ditambahkan irisan daun bawang dan kecap asin dan menggunakan api kecil.

Dulunya masih menggunakan arang dalam proses memasak tetapi sekarang sudah menggunakan kompor gas.Soal rasa, memang sedikit berbeda, memang lebih mantap pakai arang tetapi dikarenakan pembelinya lebih banyak.Nasi goreng warnanya l\coklat kemerahan ada campuran sayuran.Nikmatnya lagi nasi goreng ini juga dilengkapai dengan suwiran daging ayam,irisan telor rebus,acar mentimun dan cabai rawit.

Menu andalan lain,adalah mie goreng jawa.Menggunakan mi kuning berukuran besar.Masih menggunakan bumbu yang sama dengan nasi goreng, lalu dimasukkan sayur sawi.Diberi kaldu ayam kemudian mie yang mendidih lalu ditutup.Sambil sekali-kali diaduk-aduk.Agar rasa bumbunya meresap,maka bumbu halusnya diberi dalam tiga tahap, pertama saat memasak,kedua saat matang dan yang terakhir saat akan disajikan.Sama seperti nasi goreng,mie disajikan bersama irisan daging ayam,telor rebus dan acar.

Harga/ porsi nasgor dan mie goreng jawa Rp 11.000
Buka pukul 18.00- 22.00

Lokasi Nasi Goreng Jawa lainnya

  1. Nasi Goreng Jawa Nanda (Jalan Prapanca)
  2. Nasi Goreng Jawa Pak Yanto ( Jalan Kapasari)
  3. Nasi Goreng Jawa Pak Usman ( Jalann Mulyosari )
  4. Nasi Goreng Jawa dan Soto Pak Sutopo ( Jalan Pucang Anom Timur 17A)
  5. Nasi Goreng Jawa Kraton ( Jalan Mulyosari 220)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar