Dynamic Blinkie Text Generator at TextSpace.net

Senin, 26 November 2012

Burjo ,Segar dan menyehatkan

Dinikmati dingin atau hangat semnagkuk bubur kacang hijau tetap mantap disantap.
Coba bayangkan,semangkuk kacang hijau yang gurih berpadu dengan harumnya aroma santan.Hmmm... Siap yang tak tergoda??? Hidangan ini memang istimewa,karena bisa disajikan dalam keadaan hangat atau dipadukan dengan es batu.

Di surabaya ,sangat mudah menemui penjual bubur kacang hijau alias brjo.Mulai dari penjual kelilling yang menggunakan sepeda ,sampai dengan warung-warung tenda kaki lima di pinggir jalan.Burjo yang dijual keliling dengan menggunakan gerobak dorong,biasanya menyiapkan panci besar berisi kacang hijau dan ketam hitam yang selalu hangat.Si penjual biasanya lebig dulu menawarkan,apakah ingin disantap dalam keadaan dingin atau hangat.

Jika ingin membuat sendiri di rumah,ternyata tidak sulit.Seorang penjual burjo keliling menuturkan beberapa tips membuat bubur kacang hijau terasa lembut dan pulen.Caranya ,lebih dulu kacang ijo direndam dengan air sehari semalam dalam keadaan tertutup.Car membuatnya juga sederhana.Siapkan aire,biarkan mendidih lalu masukkan kacang hijau.Gunakan api kecil,dan biarkan kacang menjadi empuk.Kemudian masukkan gula ,vanila,garam dan santan.Jangan lupa,agar aromanya harum,beri daun pandan,dapat dipotong-potong atau diikat saja sehingga mudah dibuang.terakhir tambahkan tepung maizena agar mengental.Senagai pelengkap bisa ditambahkan nangka matang,kolang-kaling ataupun potongan roti tawar.

Di kota lain ,tampilan burjo bisa sedikit berbeda .Di jogya,bubur kacang hijau juga dicampur dengan ketan hitam lalu diberi potongan roti tawar.Setelah itu diberi es serut,situangkan sirup dan susu kental manis coklat.Tampilannya selain lebih meriah,rasanya juga lebih manis karena da tambahan susu dan sirup.

Lokasi penjual Burjo Di Surabaya :

  1. Es Kacang Hijau H.Abdul Fani ( Jl. Pasar Besar Wetan)
  2. Es Kacang Hijau Depan Toko Stiker ( Jl.Waspada,Surabaya)
  3. Es Kacang Hijau Gado-Gado Arjuno (Jl. Arjuno)
  4. Es Campur Surabaya Cak Markuat ( Jl.Kalibokor III B,Surabaya)
  5. Es Juice Pajajaran ( Jl.Pajajaran)
  6. PK5 (JL. Dharmahusada, JL.Kenjeran senbelum Pom Bensin, Jl. KarangMenjangan)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar