Dynamic Blinkie Text Generator at TextSpace.net

Kamis, 29 November 2012

Enaknya Tahu Tek-Tek

Makanan khas Jawa Timur memang tidak lepas dengan namanya petis.Beberapa makanan khas surabaya banyak menggunakan petis seperti rujak cingur,semanggi,lontong mie, lontong balap,kupang lontong.Petis juga nikmat dicocol bersama tahu goreng.Berwarna pekat mempunyai aroma udang yang menyengat, petis memang memegang peran dominan untuk menambah rasa enak.

Satu hidangan khas yang kuat dengan citarasa petis adalah tahu tek.Sajian ini berisi irisan lontong ,tahu dan kentang goreng.Semuanya dipotong menggunakan gunting, inilah ciri khas tahu tek.Semua urusan potong memotong hanya mengandalkan gunting.

Penjual tahu tek keliling,mudah ditemui di surabaya.Waktu berjualan biasanya sore hingga malam hari.Ciri khas penjual ini bisa diketahui dari caranya memanggil pembeli,dengan memukul penggorengan menggunakan sendok.Teng...teng suaranya terdengar nyaring.Jika mencari penjual tahu tek yang menetap,anda bisa datang ke tahu Teck-Teck Pak Ali yang berlokasi di Jalan Dinoyo.Berjualan tahu tek-tek sejak 1963.Awalnya hanya berjualan keliling ke beberapa tempat, dan mulai 1970 menetap di pinggir jalan dinoyo.Satu porsi berisi irisan lontong,tahu goreng,kentang rebus yang digoreng semuanya di potong-potong dengan menggunakan gunting.Gunting yang beradu menimbulkan suara Tek...tek..

Setelah semua bahan digunting,kemudian ditambahkan kerupuk udang,taoge, daun seledri yang dirajang kecil.Untuk bumbunya menggunakan kacang tanah yang digiling halus,petis,cabai dan kecap manis.
Pak Ali yang kelahiran lamongan itu mengakui bumbu petisnya spesial ditambah lagi campuran kacang tanah giling,yang membuat makin gurih.Satu porsi tahu tek 8 ribu, pilihan lainnya adalah tahu tek spesial pakai telor harga per porsinya 9 ribu .Tahu yang dipotong kecil-kecil ini lalu dikocok bersama telur dan digoreng.
Setelah matang,tahu telur ini digunting langsung diatas piring lalu disiram dengan bumbu petis yang telah diulek dengan kacang.

Tahu Teck-Teck Pak Ali
JL.Dinoyo no. 147A

Tahu Tek-Tek P.Ali Musnan
JL.Gunung Sari

Tidak ada komentar:

Posting Komentar